logo

Cara Meningkatkan RAM HP Android Tanpa Root & Dengan Root

Meningkatkan RAM HP Android | Handphone semakin melambat memang menjengkelkan. Daripada menganggu kenyamanan menggunakan handphone, simak tips meningkatkan RAM HP Android di sini. Semakin majunya teknologi membuat hampir semua orang berbondong-bondong merogoh kocek demi memiliki gadget terbaru, seperti smartphone, tablet, bahkan smart watch. Meskipun telah memiliki smartphone atau tablet terbaru dengan storage raksasa, tidak menutup kemungkinan akan terjadi lag pada handphone atau performa handphone menjadi menurun, sangat lambat, terutama pada sistem operasi Android. Agar tidak menganggu kenyamanan menggunakan gadget, simak beberapa tips mening dikutip dari beberapa sumber berikut ini.

Meningkatkan RAM HP Android

Tanpa Root

Root ialah aktivitas ‘masuk secara paksa’ yang dapat user lakukan untuk mengubah atau memodifikasi fitur dan layanan di android, termasuk menghancurkan sistem itu sendiri. Melakukan root pada android memang susah susah gampang. Kita harus hati-hati dalam melakukan root, atau sistem operasi di handphone kita yang akan kena imbasnya. Jika Anda ingin meningkatkan RAM HP android Anda tanpa takut dengan resiko melakukan root, maka Anda dapat menginstall beberapa aplikasi berikut ini:

RAM Control eXtreme Pro
Anda dapat mengunduh aplikasi ini di Play Store, kemudian cukup buka aplikasinya. Anda dapat langsung menuju ke menu RAM Booster lalu pilih Boost RAM maka aplikasi yang sedang tidak dipakai di handphone Anda akan berhenti lalu kapasitas RAM akan naik.
Smart Booster
Anda juga dapat mengunduh aplikasi ini di Play Store secara gratis. Fitur Smart Booster cukup lengkap. Anda dapat langsung melakukan boost atau mengoptimalkan smartphone Anda dengan mengklik tombol berwarna biru yang berada di sebelah kanan bawah. Anda juga dapat merubah setting booster RAM menjadi aggressive agar optimalisasi lebih maksimal.
RAM Manager
Selain dua aplikasi gratis sebelumnya, aplikasi RAM Manager juga tak kalah handal dalam menambah ram di android Anda. Cukup unduh dan install, kemudian pilih tombol untuk mengoptimalkan RAM smartphone Anda.

Ketiga aplikasi di atas ampuh dan berguna dalam meningkatkan kinerja dan performa ponsel Anda. Meskipun begitu, cara ini tidak lebih ampuh dari cara yang selanjutnya, yang mensyaratkan handphone Anda telah ter-root terlebih dahulu. Langkah-langkah melakukan root di handphone Andapun cukup sederhana, telah tersedia beberapa aplikasi yang membantu Anda melakukan root di handphone Anda. Baik, langsung saja kita simak cara mengoptimalkan RAM di handphone yang telah di root berikut.

Rooted

Sebelum memulai, unduh dan pasang terlebih dahulu aplikasi Juwe RAM Script Optimizer. Anda dapat menemukannya di mesin pencari karena di Play Store aplikasi ini tidak tersedia. Install juga aplikasi Root Explorer agar Anda mendapat izin untuk masuk ke directory handphone Anda setelah diroot. Untuk menginstall aplikasinya, ikuti langkah berikut:

Ekstrak RAM Script Optimizer di external card, lalu cari file S97ramscript dan copy pastekan ke folder /system/etc/init.d/. Kalau belum ada, buat dulu foldernya, cukup ubah saja tombol Mount RO menjadi Mount RW agar dapat membuat folder.

Ubah setting permission pada S97ramscript seperti gambar di bawah ini:

Meningkatkan RAM HP Android

Reboot handphone Anda dan cek performa RAM dan kinerja handphone Anda setelah menginstall aplikasi ini.

Jika Anda takut mengambil resiko dengan memindahkan script tadi, Anda juga tetap dapat mengandalkan aplikasi khusus untuk handphone yang telah diroot seperti Speed Up Swap (root). Fiturnya pun cukup lengkap dan ada parameter apakah performa handphone Anda cepat atau lambat.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan RAM HP Android Anda. Segala bentuk modifikasi atau kostumisasi bagian-bagian smartphone Anda ditanggung oleh Anda sendiri. Selamat mencoba.

Cara Meningkatkan RAM HP Android Tanpa Root & Dengan Root | grobakz seo | 4.5